Apa itu Down Payment (DP) Mobil? Ketahui Keuntungannya bagi Anda!

Apa itu DP? Bagi yang belum pernah mendengarnya, DP atau lebih akrab disebut uang muka merupakan salah satu persyaratan ketika membeli mobil baru. Pihak dealer menetapkan besaran DP yang bervariasi.

Biasanya mereka menawarkan DP berdasarkan kondisi finansial Anda. Namun, apakah fungsi dari DP? Adakah keuntungannya bagi calon konsumen? Yuk, bahas satu per satu pada ulasan berikut!

Pengertian DP Mobil

Secara sederhana, DP atau uang muka adalah sebagian kecil dari total harga mobil yang wajib dibayarkan saat pertama kali membeli mobil. Ada DP sebesar 20%, ada juga yang 10%. Bahkan ada yang kurang dari itu.

Sebagai contoh, Anda ingin membeli sebuah mobil dengan harga 150 juta. Dengan DP 10%, maka uang yang perlu disetorkan adalah 15 juta. Mobil baru bisa diserahkan kepada Anda setelah pembayaran DP lunas.

Akan tetapi fungsinya tidak berhenti di situ. Besarnya DP yang dibayarkan turut mempengaruhi besaran biaya bulanan, tingkat suku bunga, serta periode waktu cicilan. Membayar DP pada saat pembelian meyakinkan dealer bahwa Anda berkomitmen membeli mobil tersebut.

Semakin besar jumlah DP, semakin kecil pula besaran bunga yang akan ditangguhkan. Anda akan membayar lebih murah dibandingkan orang lain yang menyetorkan DP kecil.

Pentingnya Membayar DP

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa semakin besar DP mobil baru yang dibayarkan, maka akan semakin untung. Namun tidak ada salahnya mengambil penawaran cicilan tanpa DP dengan suku bunga 0%. 

Cicilan tanpa bunga dan tanpa uang muka akan memberikan kesempatan bagi Anda yang ingin menginvestasikan yang tersebut. Hanya saja, penawaran seperti ini sangat jarang terjadi, kecuali program-program tertentu. Itu pun jika Anda memenuhi persyaratannya.

Ketika membeli kredit, membayar DP mobil baru dapat membawa sejumlah keuntungan di antaranya:

  • Pengeluaran lebih hemat.
  • Suku bunga dapat lebih rendah.
  • Mempunyai kesempatan untuk berinvestasi.

Jadi, direkomendasikan untuk membayar uang muka sesuai kemampuan finansial. Misalnya mampu membayar DP di bawah 20%, lakukanlah. Hal ini lebih baik dibandingkan tidak membayar DP sama sekali.

Bagaimana Jika Tidak Mampu Bayar DP?

DP menawarkan kemudahan dan transaksi yang lebih hemat. Sayangnya, beberapa orang terkendala dalam membayar uang muka yang besar. Apabila Anda juga mengalami masalah yang sama, Anda tidak perlu khawatir.

Cobalah menggunakan layanan platform beli mobil online SEVA, di sana Anda bisa menemukan penawaran mobil impian sesuai kondisi finansial melalui fitur Instant Approval.

Selain itu, membayar DP dan melunasi cicilan secepat mungkin akan menghemat lebih banyak uang. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya bulanan lebih lama lagi. 

Memeriksa ketentuan dalam perjanjian kredit juga bisa menyelamatkan Anda dari pelanggaran. Ini akan mencegah Anda mengeluarkan biaya lebih akibat denda.

DP menjadi salah satu persyaratan wajib ketika membeli mobil baru. Memahami tentang apa itu DP dan fungsinya akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat. Tentunya ini akan menghindari Anda dari kerugian karena membayar secara kredit.

Leave a comment

Your email address will not be published.