Atasi Kesemutan dengan Menjaga Kesehatan Saraf

Memberikan yang terbaik untuk anak adalah salah satu hal yang diinginkan oleh sebagian besar orang tua. Dan untuk bisa melakukan hal tersebut tentunya orang tua baik ayah atau ibu akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhinya dengan melakukan berbagai pekerjaan. Ayah yang mencari nafkah dan ibu di rumah mengasuh anak atau sebaliknya sudah menjadi hal yang cukup lumrah.

Namun dalam usaha tersebut tentunya tak selalu mudah. Terkadang ada sejumlah hambatan yang merintangi. Salah satunya adalah soal kesehatan baik yang sifatnya ringan maupun yang cukup berat yang mengganggu pekerjaan sehingga tidak maksimal. Salah satu contoh gangguan kesehatan tersebut adalah kesemutan.

Kesemutan adalah salah satu gangguan kesehatan yang dialami oleh hampir semua orang di dunia ini. Tak peduli tua muda, pria wanita bisa mengalami kesemutan. Meski cukup mengganggu namun banyak orang yang cukup meremehkan kesemutan ini dan menganggap mengalami kesemutan adalah hal yang biasa saja. Padahal pada beberapa kasus terjadinya kesemutan ini bisa merupakan pertanda terkena penyakit neuropati yakni penyakit gangguan saraf tubuh. Gangguan saraf  ini bisa terjadi karena cedera pada tubuh yang mempengaruhi fungsi saraf, defisiensi vitamin, terkena penyakit yang mempengaruhi saraf seperti diabetes, autoimun dan yang sejenisnya. Bisa juga gangguan saraf ini dikarenakan faktor genetik ataupun karena mengalami stres yang berlebihan.

Dan gangguan saraf atau neuropati ini tentunya bisa menjadi cukup berbahaya jika didiamkan saja. Selain menjadikan aktivitas tidak bisa berjalan dengan optimal bisa saja gangguan saraf ini merembet dan menyebabkan penyakit lainnya. Karena itu penting bagi kita untuk bisa mencegah terjadinya neuropati atau setidaknya kalau sudah terkena kita bisa mengatasinya.

Ada beberapa cara sebenarnya yang bisa kita pakai untuk mencegah ataupun mengatasi terjadinya neuropati. Salah satunya tentu adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Dan untuk pencegahan neuropati ini salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin neurotropik yang bisa menjaga sistem saraf bekerja dengan baik. Vitamin neurotropik sendiri terdiri dari vitamin B1, B6, dan B12.

Kita bisa mendapatkan jenis vitamin tersebut dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin neurotropik. Atau untuk kita yang tidak mau ribet kita bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi suplemen vitamin seperti neurobion misalnya. 

Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin neurotropik serta gaya hidup sehat yang kita lakukan tentunya kita berharap aneka gangguan neuropati seperti kesemutan, kebas dan yang sejenisnya bisa kita hindari, sehingga kita bisa beraktivitas normal dan mendapatkan hasil yang optimal.